SUNNY PRIVATE

Wellcome to SUNNY PRIVATE Blog...
Regards
Me

Jumat, 17 Juni 2011

Bagaimana Berpakaian Ala " Harajuku Style "


Gaya Harajuku berasal dari kalangan remaja di jalan-jalan dekat Stasiun Harajuku di Shibuya, Jepang. Harajuku Style mungkin telah menarik perhatian banyak orang setelah penyanyi Amerika Gwen Stefani mulai memakai gaya ini. Tetapi evolusi dari gaya ini tentunya tidak melulu mengenai gayanya Gwen. Seperti halnya banyak "Fashions street", sulit untuk menggambarkan atau mengkarakteristikkannya, karena selalu berubah dan memiliki banyak manifestasi. Tidak ada Cookie-Cutter yang mendekati untuk gaya ini, tetapi jika anda ingin berpakaian dengan gaya Harajuku, berikut adalah beberapa panduan untuk Anda memulainya.



LANGAH - LANGKAH :

1. Berbelanja di sebuah butik Harajuku ekletik

Mix and Mismatch mode-mode yang berbeda. Apa yang sekarang dikenal sebagai Gaya Harajuku (seperti Halloween di Jepang setiap hari minggu) dimulai sejak para remaja di Distrik Harajuku itu mulai mengintegrasikan pakaian tradisional Jepang - khususnya kimono dan sendal geta - kedalam gaya berpakaian mereka. Sebelumnya, mereka mengenakan pakaian yang terutama dipengaruhi oleh budaya barat, tetapi dengan mencampur tradisional dan modern, mereka menciptakan gaya baru. Contoh Contoh lain pencampuran dan mencocokkan ; tampilan Punk dengan seragam sekolah atau tampilan gothic dengan baju desainer. Di Harajuku, pencampuran berbagai gaya dan mismatching warna dan pola didorong oleh " Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan, selama pakaian Anda adalah ekspresi yang mencerminkan diri Anda (ekspresi individualitas) - Lihat Tips.
 2. Mengetahui Variasi Mode di Distrik Harajuku





Sulit untuk menentukan atau memilih satu "Gaya Harajuku". Banyak gaya berasal atau dikembangkan di jalanan Harajuku, dan banyak para Harajuku-ers pasti mengintegrasikan satu atau lebih dari gaya ini kedalam pakaian mereka.

* Gothic Lolita melibatkan mengenakan pakian gothic, feminin dan elegan, sejauh anda terlihat seperti boneka victoria hidup.

* Sweet Lolita adalah sangat dipengaruhi oleh era Rococo lebih daripada salah satu subkultur lain Lolita. Gaya ini berfokus lebih banyak lagi pada aspek dan penggunaan warna terang seperti kekanakan dan seperti tema fantasi. Alice in wonderland, Fruits, Candy dan dongeng klasik seperti Little Red Riding Hood adalah tema recurrant di Sweet Lolita

* Punk Jepang, terinspirasi oleh gerakan Punk yang dimulai di London pada tahun 70-an, pemberontakan besar dengan pakaian Over-the-top, aksesoris, make-up, dan tindikan.
 * Cosplay, Anda perlu untuk berdandan seperti kartun favorit anda atau karakter anime atau permainan komputer. 




* Gaya Decora meliputi warna cerah, flamboyan dan aksesori dari kepala sampai kaki. Anda dapat menghiasi diri dengan mainan plastik dan perhiasan yang tidak umum sebanyak yang bisa, sampai bisa terdengar suara klik semua aksesoris itu bersama-sama ketika orang yang mengenakannya bergerak.
* Kawaii (terjemahan ke bahasa Jepang dari Cute), kenakan hal-hal yang menekankan pada hal main-main seperti anak kecil, karakter anime, ruffles, warna pastel, mainan dan sebagainya.
* Wamono mengacu pada pencampuran pakaian tradisional Jepang dengan mode barat.


3. Mengenakan pakaian berlapis-lapis (Layered)

 




Salah satu keunggulan dari Harajuku adalah Layering. Sweater, rompi, atau jaket ditumpuk diatas blus dan T-shirt, gaun dikenakan dengan legging, dan gaya tumpuk pakaian lainnya, atau memberikan tampilan layering dengan memakai baju kusut misalnya. Memungkinkan anda untuk mencampur dan mencocokkan lebih banyak jenis gaya yang berbeda, dan menambah dimensi lebih untuk pakaian anda.



 4. Sesuaikan pakaian Anda

 Pakaian bekas dan "do it yourself - style" adalah hal yang populer dalam pakaian Harajuku. Seperti rok berbunga yang akan tampak lebih lucu dengan pita yang disematkan diatasnya atau hal lainnya. Hemline yang bersudut rata ? well... keluarkan gunting dan lem, dan buatlah toko anda sendiri - yang menjual pakaian unik anda. Atau lebih jauh lagi dengan membuat rok sendiri. Pemotongan kain untuk membuat sudut yang berani dan garis-garis yang dapat membuat bahkan sebuah gaun hitam polos tampil luar biasa dan menyenangkan.

5. Accessorize

 Tambahkan aksesori liar yang anda miliki, seperti ikat pinggang, anting-anting, jepit rambut, perhiasan dan tas. Ingat, aksesori dapat berwarna-warni dan kelihatan mencolok, dan mereka tidak harus cocok dengan pakaian anda. Berbicara tentang mencolok - dalam penggunaan aksesori - gaya Harajuku tertentu menghiasi baju dari kepala hingga kaki dengan aksesoris dan objek seperti lonceng kadang-kadang digunakan untuk menambahkan dimensi aural pakaian.




 6. Menjadi liar dengan rambut Anda dan tata rias

 Gaya Harajuku tidak harus berhenti pada pakaian Anda. Kuncir dan gaya rambut "lucu" lainnya, sebagian sangat populer, seperti mewarnai rambut Anda. Kreatif, bahkan Make-up teater dapat menjadi tambahan yang menyenangkan



  7. Pakailah apa pun yang terlihat bagus menurut anda

Sudah dikatakan bahwa gaya Harajuku bukanlah sebuah protes terhadap fashion mainstream dan komersialisme (seperti halnya Punk), melainkan lebih kepada memakai apapun yang terlihat bagus menurut anda. Jika Anda berpikir mismatch rainbow dan legging polkadot terlihat bagus dengan baju kotak-kotak... go for it!


8. Tersenyum dan berkata "CHIIZU !!"

 Jika Anda berpakaian ala gaya Harajuku di luar Harajuku, anda mungkin akan menarik perhatian dari orang-orang yang tidak terbiasa dengan cita-rasa fashion internasional Anda. Jika perhatian yang didapat tidaklah positif, maka tersenyumlah dengan anggun dan terus lakukan urusan anda. Tetapi jika orang-orang mengajukan pertanyaan dan atau ingin mengambil gambar, maka berposelah!. Orang-orang di Harajuku bangga dengan gaya mereka, sehingga anda harus berbangga juga jika ingin mengenakan gaya ini.


TIPS :
Banyak orang keliru berpikir bahwa gaya berpakaian Harajuku adalah hanya tentang "menyatukan semua bersama-sama", sementara penyatuan gaya yang berbeda dan pola yang serampangan, sebenarnya penting untuk menaruh banyak pemikiran kedalam gaya anda. Jika anda mempelajari bagaimana orang-orang berpakaian di Distrik Perbelanjaan Harajuku, anda akan melihat bahwa pakaian yang rumit secara cermat dipilih untuk menyampaikan image tertentu yang tak pernah bisa disampaikan oleh kombinasi yang biasa saja.
  
Gaya Harajuku berubah sangat cepat. Terus ikuti evolusi gayanya dengan membaca publikasi seperti FRUiTS and Style-Arena.jp (lihat sumber dan kutipan). Publikasi-publikasi ini dan lainnya yang seperti mereka memberikan gambar pakaian Harajuku yang diperbaharui setiap minggu atau bulanan. Jika anda ingin berpakaian dengan gaya Harajuku, melihat-lihat gambar adalah cara yang terbaik untuk memulai.
  
"Harajuku Style" juga dikenal sebagai "Fruits Fashion" bagi mereka yang mengikuti majalah mode, namun tidak satupun dari istilah-istilah yang biasa digunakan oleh orang jepang yang menciptakan gaya dengan gaya mereka sendiri.
  
Bertentangan dengan kepercayaan populer, gaya Harajuku tidak hanya untuk para gadis. Sementara beberapa variasi gaya memang lebih cenderung kepada perempuan daripada laki-laki (misal; Gothic Lolita), banyak gaya-gaya yang terkenal adalah gender-netral. Bagaimanapun ini adalah tentang memakai apapun yang bagus menurut anda- jadi mengapa hanya perempuan saja yang bisa memiliki semua kesenangan itu?



     WARNINGS !!!
    Jangan terhanyut dengan loyalitas kepada Merek. Meskipun OK untuk mendukung label desainer (terutama sejak loyalitas terhadap merek berkembang di Jepang), Harajuku adalah tentang menciptakan tampilan anda sendiri, jadi jika anda tampil seperti manekin di mal atau gambar di katalog, anda mungkin akan terlihat stylish tapi tidak unik. Jangan takut untuk mencampur gaun Calvin Klein dengan Celana Jeans usang, robek dan compang-camping lalu padu padankan dengan sepatu bot tempur.
      
    Jika dibanyak tempat gaya Harajuku terlihat sangat tidak biasa, anda tidak bisa tampil ala Harajuku hanya dengan mengenakan sebagian dari bagian gaya tersebut, anda harus menjadi bagian tersebut secara utuh. Saat berjalan menyusuru jalan orang-orang akan melihat kearah anda, maka angkat kepala anda tinggi, banggalah dengan apa yang anda kenakan, atau sebaliknya anda akan terlihat seperti orang yang bermasalah.
      
    Jangan khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan tentang anda. Orang mungkin akan berpikir anda aneh, orang Asia mungkin akan memanggil anda Gaijin, tetapi jika anda bahagia, tidak perlu berubah untuk orang lain.





      

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Entri Populer